Kyo Rizki Han

Kyo Rizki, Blogger Kuliner Indonesia, Mengulas Cerita Cara Memasak Resep Makanan Khas Indonesia.

Berburuk Sangka Bisa Jadi Senjata Loh

  

 
Sebagai pelaku bisnis online tepatnya pedagang makanan, sudah pasti jadi incaran kejahatan penipuan Voice Phising dengan modusnya beragam kalau lengah dikit uang melayang.

Selama saya merintis sebagai kang kue pernah beberapa kali mendapatkan telepon penipuan. Ada yang kenak ada yang nggak karena suudzon duluan.

Saya ingin  berbagi pengalaman saat beberapa kali ngeladenin penipuan ini. Bahkan sempat terseret tetangga depan rumah yg nyaris menjadi korban penipuan, capek ngeladeninya itu loh dan saya akui mereka sangat terorganisir, tekun walaupun modusnya itu-itu aja mungkin prinsipnya ‘kan belum semua orang tau’.

 

Kedok Promo GO-FOOD

Awal saya daftar merchant kyokue di gofood, seketika beberapa hari muncul chat - chat / telpon yang mengatasnamakan gofood menawarkan saya sudah tau info promo terbaru belum. Lalu dia menuntun saya untuk membuka aps gofood masuk menu di gofood yg sudah dia hack terus mengisi data ATM no kartu debit dll. Saya mulai curiga tapi masih nurut bae lagi (waktu itu kondisi saya lagi makan siang jadi fokus saya pecah takut meleng ikan saya dicolong kocheng).

Saat dia bilang "saldo rek isinya berapa?" saya bilang aling 50 ribu mungkin dia kira 50 juta kali ya. Disitu saya mulai murka, karena paling benci kalau ada yang nanya-nanya hal privasi. Terakhir waktu dia ngarah kan untuk sebutkan kode OTP yang masuk dari SMS, seketika telpon langsung saya matikan dan report sebagai penipuan.

Alhamdulillah masih dilindungi, udahlah duwit tinggal mapuluh rebu mau diambil kan mengsedih...

 

Curigalah  Jika Mereka Pesan dalam Jumlah Besar

Bukan nolak rejeki nih ya, sebelum-sebelumnya saya pernah menerima pesanan partai besar (diatas 300 box) dan aman, jadi saat dia menghubungi mau pesan saya belum curiga.

Waktu itu dia bilang untuk acara keagamaan Paskah di SMK di daerah Jl. Ayahanda tapi minta tester dulu, saya kasihlah tester dengan ketentuan silahkan ambil sendiri enak aja udah dapet tester gratis saya suruh kirim.

Setelah diambil besok nya dia bilang "kak boleh minta tester lagi, yang kemarin guru kami belum nyoba" Langsung saya blokir. Anak SMK mau ngakalin saya bolak balik, jangan ya dek ya... waktu itu saya belum kenal aplikasi Get Contact atau sejenisnya, jadi belum ngecek apa betulan pelajar SMA atau penipu yang nyamar.

 

Modus Kelebihan Transfer

Ngakunya dari Dinas Sosial mau order paket kue kotak paling mahal dan jumlah banyak, diambil jam sekian, nanti ceritanya dia bilang atasanya akan transfer lebih tinggi dari total harga yang kami sepakati, si penipu minta lebihan nya tolong transfer dulu ke dia.

Sepengalaman nanganin pesanan dari Perkantoran atau kedinasan, Dinas itu proseduralnya ribet dan gak akan langsung cair gaes, mereka gak akan mau ambil orderan ke toko pasti maunya diantar. Karena saya nya lagi ribet banget sama kerjaan dan nyiapin masakan jadi saya males ngeladeninnya. Kali ini saya pake metode anak Gen Z, mau-mau nggak gosah…  

Banyak lagi lah sebenarnya modusnya klasik tapi namanya karakter orang ntah lagi gak fokus jadi gampang kenak.

 


Beberapa Caraku Agar Terhindar dari Modus Penipuan Antara Lain:

Gunakan Aplikasi Pelacak Nomor Ponsel

Download aplikasi pelacak nomor HP seperti get contact walaupun kelemahan nya sekarang penjahat-penjahat itu mulai pasang premium jadi gak bisa dilacak. Bisa juga true caller bisa dicek secara online di google tiap ada nomor gak dikenal langsung cek dulu.

 

Minta Panjar

Waspada pada calon customer yang order dalam jumlah besar produk paling mahal, tanpa cerewet ini itu Selalu minta DP Dewi Persik Down payment bila perlu pelunasan sekalian. Kalau dia butuh dan jujur pasti akan DP karena takut ownernya yang cancel malah,  lebih sering kitanya yang akan dikira nggak jujur, gask masalah daripada kitanya yang boncos.

Mintalah Calon Pembeli Mengisi Formulir Pemesanan

Isi detail formulir pemesanan mulai nama lengkap, Nomor HP, alamat dll, jadi bisa kita cek di google maps bukan Alamat palsu (jangan nyanyi!)

Selalu Minta Perlindungan Allah.

Teman saya bilang “karena rajin sedekah mungkin jadi ujiannya gak berat-berat amat” waduh saya jadi sadar kayaknya udah lama gak sedekah, pernah baca dalam sebuah hadits, Rasulullah ï·º bersabda, “Bersegeralah kalian untuk mengeluarkan sedekah karena sungguh bencana tidak dapat melewati sedekah.” (Ath-Tabrani). Apalagi ini berhubungan dengan pintu rejeki dan Sang Pemberi rejeki.

Berfikir Ala Gen Z

Kalau gak mau gosah, mau-mau nggak-nggak wkkwkw

Selagi kualitas produk kita memang mumpuni jadi gak usah takut gak laku, adab kita dalam berniaga juga bukan yang songong kita tau manner sopan santun terliterasi Insya Allah Laris barokah.

 

Begitulah sekelumit pengalaman saya ngeladenin pelaku voice phising semoga teman-teman diluar sana gak sampai mengalami dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Salam Bakulan.

Posting Komentar

8 Komentar

  1. Metode ala gen z is a key. Mau mau gak gak. Jangan mau yang enggak enggak 😭

    BalasHapus
  2. seru banget lika liku sebagai seller ya kak, memang harus Profiling Calon Customer dulu nih kalo nominal agak gede biar terhindar dari penipuan.

    BalasHapus
  3. Salah satu ciri2 telpon penipu, dia punya logat tertentu...
    Tapi sekarang udah pande pula, keknya ada hire khusus call center, jadi syarat nglemar ga bole ada dialek/aksen.
    Suara penelepon popesional udah kek call center betulan.
    Yaitulah kembali lagi harus hati2 dan banyak2 doa mohon perlindungan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh gitu ya kak, baru tau jadi penipu juga butuh effort ngelamar

      Hapus
  4. Seru sih bacanya, secara pernah jd korban dgn modus yg beda. Tp skrg jd lbh hati2, dan kk tipe org yg gk gampang percaya pesanan byk dr org baru kenal. Kecuali DP ato byr lunas, kwkwkw

    BalasHapus