Kyo Rizki Han

Kyo Rizki, Blogger Kuliner Indonesia, Mengulas Cerita Cara Memasak Resep Makanan Khas Indonesia.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Mengganti Aki Motor

 

planet ban


Apakah kalian pernah melihat pengguna motor matic yang saat menyalakan motornya harus distandart (cagak) dua  lalu diengkol ? jika ini berlangsung menerus saat dalam keadaan mendesak ini sangat merepotkan. Belum lagi jika menyalakan sen kanan atau kiri untuk berbelok tapi lampu sen tidak mau hidup beresiko kecelakaan sangat tinggi. satu komponen yang pada sepeda motor yang berperan penting dalam hal itu adalah AKI. Mari kita kenalan dengan AKI

Aki motor, atau  ACCU merupakan komponen motor mengandung cairan aki untuk menghasilkan dan menyimpan energi listrik. berfungsi agar motor dapat menyala menggunakan cara starter atau tombol juga agar lampu, sen dan klakson dapat menyala.

Aki dibedakan manjadi 2 jenis yaitu aki basah dan aki kering. Disebut aki basah karena di dalamnya memiliki cairan berupa asam sulfat (H2SO4). Aki basah perlu perawatan secara berkala, karena cairan di dalam aki harus tetap terjaga pada batasan minimal agar aliran arus listriknya maksimal sehingga tidak mudah rusak.

Sedangkan Aki Kering mengandung gel sebagai pengganti cairan elektrolit yang bersifat sulit menguap, tidak perlu melakukan proses isi ulang sehingga lebih tahan lama dan minim perawatan. Biasa aki kering digunakan untuk motor yang tidak mobile setiap hari makanya lebih tahan lama.

 

Tanda Tanda aki perlu diganti

Mesin sulit dihidupkan

Orang cenderung akan memaksa berulang kali menstarter motor padahal jika diawal motor sudah sulit distarter itu berarti aki memberi signal untuk segera diganti.

Lampu-lampu mulai redup

Jika harus melakukan perjalanan malam dan lampu redup berkedip samar-samar hal ini sangat mengganggu pengendara dan beresiko terjadi kecelakaan.

Suara Klakson serak

Suara klakson yang lantang dijalanan menjadi serak jika aki rusak tidak mungkin kan kita treak menggantikan tugas klakson “woy minggir…” malah kita gentian yang jadi serak.

Tarikan motor menjadi berat

Aki yang lemah dapat mempengaruhi kinerja motor, membuat tarikan terasa lebih berat. Jangan lekas berfikir kita ditumpangin makhluk halus dibelakang, padahal kita lah yang malas merawat aki sampai sampai terasa berat saat dibawa.

Jika Anda mengalami beberapa tanda-tanda di atas, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada aki motor Anda. Jika memang sudah lemah, segera ganti dengan aki baru yang sesuai dengan spesifikasi motor Anda. Seperti memastikan ada yang bocor atau tidak, bersihkan tangki aki, isi ulang cairan aki  secara teratur. Service kendaraan dan mengganti oli secara berkala.

Pilih aki yang berkualitas

Jangan sekali-kali membeli aki bekas meskipun dengan iming-iming harga jauh lebih murah atau baru sebentar pakai. Pilih aki dari merek yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik dalam hal kualitas. Lihat kode produksi dan expirednya aki yang baru diproduksi memiliki performa yang lebih baik.

planet ban

 

Pilih aki yang  memiliki garansi resmi dari produsen. Garansi ini akan memberikan jaminan jika terjadi kerusakan dalam jangka waktu tertentu.

Untuk aki dan sparepart berkualitas anda bisa percayakan produk dengan berbelanja di planet ban dan konsultasikan pada penjual mengenai aki yang cocok untuk jenis motor anda. 

 

planet ban

 

PlanetBan sendiri merupakan toko ritel modern terbesar di Indonesia khusus menyediakan suku cadang berkualitas tinggi untuk sepeda motor. Dengan fokus utama pada penyediaan ban motor berkualitas dan tahan lama, kami juga menawarkan layanan unggulan seperti Servis Motor, Ganti Oli dan Suku Cadang Otomotif.

Bisa kunjungi planet ban store terdekat di kota anda atau website nya. Salam satu aspal

 

 

 

 

 

 

Posting Komentar

18 Komentar

  1. Pernah banget ngalamin ini sih, motor gabisa di stater. Auto panik karena gabisa engkol motor sendiri. Cepat² cari bantuan, alhamdulillah ada orang baik hehe.
    Makasih artikelnya bermanfaat x untuk ciwi² yg ga faham notor. Jadi agak faham sikit what to do kalo kejadian tanda² aki perlu diganti hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekali aja lah ngalamin yang kayak gini. panik di jalan itu rasanya menyebalkan

      Hapus
  2. Sangat membantu buat aku yang taunya cuma tinggal pake beres 😅

    BalasHapus
  3. Thank you udah sharing. Aku si taunya tinggal pake at least udh bisa tau kapan mesti ingetin suami utk beresin 🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang cowok lebih peka dan sayang sama kendaraan daripada.....

      Hapus
  4. Terimakasih, sangat membantu ☺

    Maya H.

    BalasHapus
  5. Udah pernah pake aki kering sama aki basah , memang beda sih ..
    Sampe skrg aku tim aki kering 💃

    BalasHapus
    Balasan
    1. mana aja bebas yaa , yang penting jangan sampai dompet kering

      Hapus
  6. Klok aki basah biasa nya 2 bulan siihh..kalau aki kering bisa tahunan

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung pemakaian pemilik kendaraanya juga berarti ya.

      Hapus
  7. Ini lah ya kan, kalo perkara motor; gak mogok, gak servis. Padahal kalo ditunda tunda bisa jadi makin berat masalahnya, salah staunya ya aki ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau udah gini terpaksa service total, mau nabung malah boncos

      Hapus
  8. Keknya ini ciri2 motorku nih, klaksonnya udah mulai serak2. Tadinya mau dibiarin karena rada seksi tapi keknya daripada telat yaa, trus keburu merusak semua komponen, keknya harus segera diganti aki nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mending diganti aja deh kak, soalnya kalo kita yang treak-treak ganti tugas klekson takutnya malah kita yang serak.

      Hapus
  9. Ini saya banget. Taunya cuma pakai saja. Ga mau ribet.

    BalasHapus
  10. kita gak usah ribet mbak, biar suami aja

    BalasHapus