Kyo Rizki Han

Kyo Rizki, Blogger Kuliner Indonesia, Mengulas Cerita Cara Memasak Resep Makanan Khas Indonesia.

Resep Saus Dimsum Khas Restoran Nelayan

 

resep saus dimsum nelayan

Siapa sih yang nggak doyan dengan salah satu kudapan khas Chinese food satu ini ? terbuat dari daging ayam udang cincang dibungkus dengan kulit pangsit lalu dikukus, dinikmati dengan cocolan saus pedas asam manis yang khas apalagi kalau bukan dimsum.

Cita rasa yang khas selalu diingat penikmatnya

Kali ini saya tidak akan mengulik mengenai si adonan dimsum karena penasaran dengan saus dimsum khas restoran Nelayan yang berada di Medan. Sampai-sampai beberapa penjual dimsum rumahan mengklaim memiliki saus dimsum yang rasanya mirip seperti di restoran Nelayan dengan garansi si koki yang memasak saus pernah kerja di sana. (tapi doi gak bilang yakan sebelum resign disana di bagian apa , canda)

resep saus dimsum nelayan

Setelah beberapa kali mencicipi berbagai saus dimsum baik yang premium, rumahan online, maupun streetfood. Berbekal percobaan evaluasi berulang hingga mencapai titik rasa yang hampir mirip. Jadilah saya berani membagikan resep saus dimsum ala saya. kamu percaya kan sama aku ?

Kalau begitu mari kita mulai dengan menyiapkan bahan yang mudah didapat dan prosedur yang sederhana. Seperti biasa hanya butuh niat & ketenangan hati dan tanggung jawab sampai selesai.

 

resep saus dimsum nelayan


Bahan-bahan saus dimsum :

20 cabai kering

15 cabai merah

12 cabai rawit / caplak

2 siung bawang putih

 

1 sdt cuka

1 sdm garam

3 sdm gula pasir

2 sdm saus sambal

1 sdm kecap manis

1 sdt kaldu jamur jika suka

1 sdm maezena larutkan dengan 2 sdm air

2 gelas air ( untuk blender&merebus)

 

Simple kan bahan-bahannya. BTW untuk cabai kering aku udah buat beberapa bulan lalu saat harga cabai masih dibawah Rp.30.000/kg, didukung musim kemarau yang melengking jadilah punya stok cabai kering ½ kg. lumayan banget ini untuk masak-masak gulai dkk.

Kembali kesaus dimsum, kamu bisa beli cabai kering di pasar tradisonal atau supermarket dan pasti ada. 

 

Mari masak sausnya :

1. Cabai kering direndam air panas kira-kira 30 menit, bisa juga dengan air dingin tapi mungkin akan memakan waktu lebih lama.

2. Setelah 30 menit air rendaman menjadi agak keruh, tiriskan cabai kering.

resep saus dimsum nelayan

3. Siapkan air mendidih, rebus cabai merah, rawit, bawang putih dan juga cabai kering selama 3 menit angkat dan tiriskan

 

resep saus dimsum nelayan

4. Setelah dingin, blender semua bahan tadi dengan segelas air hingga benar-benar halus. boleh disaring, boleh juga tidak, bebas. Saya lupa saring jadi ada tekstur biji cabenya tapi tenang gak akan numbuh di lambung kok.

5. Rebus saus yang sudah di blender sisa saus yang ada di blender bisa digojakin dengan segelas air nya lagi (sayang biar gak mubazier)

 

resep saus dimsum nelayan

 

6. Tambahkan 1 biji cengkeh & beberapa lembar daun selederi ( daun sop) ini berfungsi agar saus tidak bau langu dan ada aromatik sweet nantinya.

7. Bumbui dengan gula, garam, cuka, kaldu, & kecap manis. Setelah air mulai susut masukkan larutan maezena, masak sebentar koreksi rasa dan matikan api.

8. Saus dimsum lebih enak disimpan dilemari es lalu dinikmati hari berikutnya.

 

resep saus dimsum restoran nelayan

Saus dimsum ini cita rasanya lebih lite tapi kalian bisa adjust untuk kekentalannya dengan memasak lebih lama pada api kecil atau bumbui agak banyak si gula, garam, cuka dkk. nya ok.

Memang mau bagaimanapun katanya beda tangan beda rasa. Selain untuk cocolan dimsum, aku pribadi malah jadikan cocolan risol, bakwan jagung , dan bahkan tela-tela goreng ku. Gorengan auto naik level kalau udah gini mah.

Kalau berhasil kabari aku ya, happy recook.

Posting Komentar

0 Komentar